Islamic Widget

Rabu, 28 Juli 2010

Takbir dan Formulasinya .

Kalimat Takbir " Alllohu Akbar [ Allloh Maha Besar ].

Takbir , adalah termasuk Rukun Qowli [ mengucapkan dengan lisan ] dalam pelaksanaannya dalam Takbir mengandung Rukun Fikli [ berbuat mengangkat tangan ] .

Hadist Riwayat Abdullah ibn Umar :

" Adalah Nabi saw biasa mengangkat kedua tangannya setentang bahu jika hendak memulai shalat , setiap kali takbir untuk Ruku' dan setiap kali bangkit dari Ruku .


Formulasi Rukun Qowli :

RQ : Ak> I [ Ip+Q+K ]

Notasi dibaca : Rukun Qowli adalah Mufakat Akal dan Iradat [ Kehendak ] kepada Ilmu Pengetahuan , Enerji dan Perkataan ,

Kemufakatan Akal dan Kehendak [Ir] harus menjadi perpaduan yang kuat dalam melaksanakan ibadah, hal ini untuk mendatakan bahwa ibadah yang dilakukan itu sesungguhnya benar atas Kehendak-Nya.

Kemufakatan Akal dengan Kehendak yang terjaga merupakan bentuk dari melaksanakn niyat yang berkekalan [ berkesinambungan ] dalam sholat agar tidak putus , putus niyat terjadi jika Kehendak tidak mufakat [bersatu] dengan Akal.

Mufakat dengan Ilmu Pengetahuan , bahwa apa yang akan diucapkan atau dibacakan itu sudah diketahui , minimal adalah bacaan kalimatnya harus dikuasai [ hafal dan mengerti].

Jika Pengetahuan akan apa yang akan dibaca itu sudah dimiliki maka timbulah energi untuk membacakan kalimat yang dikehendaki.

maka terlahirlah dengan syah kalam takbir
" Alllohu Akbar".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar